Sabtu, 05 September 2009

Rangkuman Seminar PC Modding

Pada hari Rabu, 26 Agustus 2009 bertempat di Auditorium Gedung Utama UNTAR diadakan seminar sehari bertema PC Modding dan design games. Dalam acara ini diundang lima pembicara yang berasal dari Intel Indonesia, majalah CHIP, Ketua Robotics Untar, majalah Concept, dan Catrix Studio. Masing-masing pembicara memberikan materi presentasi yang menarik dan menambah wawasan. Selain diadakan seminar, ada juga pameran notebook dari berbagai macam merek notebook seperti Toshiba, ASUS, VANEO, dll.


Pembicara pertama yaitu Bapak David dari Intel Indonesia yang memberikan materi presentasi mengenai chip-chip prosesor yang dikeluarkan oleh Intel. Di pasaran saat ini terdapat berbagai macam prosesor seperti Intel Atom dan Intel Core.

 Intel Atom

Intel Atom merupakan prosesor terkecil, hemat daya, dan dibuat menggunakan teknologi 45 nm Hi-K metal gate. Prosesor ini memungkinkan digunakan pada komputer dengan harga terjangkau, pemakaian daya yang relatif rendah tetapi mempunyai kinerja yang cukup baik untuk pemakaian sehari-hari (basic computing). Prosesor ini dirancang khusus untuk platform nettop, netbook, dan internet mobile device. Untuk OS dapat digunakan seperti Windows/Linux yang tidak memakan banyak sumber resources.

 Intel Core

Terdapat beberapa jenis yaitu Core 2 Duo, Core 2 Quad dan Core i7. Core i7 yang baru dikeluarkan ini diklaim sebagai prosesor tercepat yang dapat meningkatkan performance dari komputer kita. Core i7 ini men-support sampai 3 channel memori dengan kapasitas memori mencapai 3GHz. Prosesor ini bagus digunakan untuk membuat desain dan animasi.

Pembicara kedua yaitu Bapak Dedi Irvan yang merupakan koordinator Chip-test center. Beliau mempresentasikan mengenai Desktop vs Notebook yaitu mengenai kelebihan dan kekurangannya dan juga macam-macam PC serta komponen di dalamnya.











Beberapa komponen dalam komputer yaitu:

 Motherboard → basic dari PC

 Prosesor → otak dari PC

 RAM → menampung data yang akan dieksekusi, kinerjanya bergantung pada frekuensi, jumlah channel, dan latency. Umumnya RAM ini makin besar kapasitasnya makin baik, tetapi hal ini tergantung dari OS yang digunakan apakah bisa menggunakan seluruh memori RAM atau tidak.

 Graphics card → untuk menampilkan gambar pada layar, kinerjanya bergantung pada teknologi, frekuensi, dan ukuran memori.

Macam-macam PC:

 Basic computing PC

 Multimedia PC

 Gaming PC

 Workstation


Pembicara ketiga yaitu Bapak Edy Syahputra, ST yang merupakan Ketua Robotics UNTAR dan alumni dari Teknik Elektro UNTAR. Beliau memberikan presentasi mengenai robot dan perkembangannya di lingkungan UNTAR. Beliau mengatakan bahwa robot merupakan gabungan dari ilmu mekanika, artificial intelligence, dan elektronika. Robot sudah banyak digunakan dalam bidang militer, kedokteran, industri, hiburan, entertainment, dan rumah tangga. Bersama timnya, beliau pernah menjuarai berbagai macam perlombaan robot untuk berbagai macam kategori.


Pembicara keempat yaitu Bapak J. Edward Soehendra yang mempresentasikan bagaimana cara memilih VGA card. VGA memiliki keterkaitan dengan game yaitu akan membuat proses rendering game-nya lebih detail dan efek yang ditimbulkan akan tampak realistis. Untuk menjalankan fitur-fiturnya dibutuhkan VGA card yang lebih tinggi. Untuk memilih VGA pertimbangkan hal-hal berikut:

 Kebutuhan

 Budget

 Peripheral

 Konsumsi daya


Pembicara kelima yaitu Bapak Chandra yang merupakan perwakilan dari Cartridge Studio yang memberikan presentasi dengan topik perkembangan game global. Beliau mengatakan bahwa untuk mendesain suatu game dibuthkan proses-proses sebagai berikut:

 Story → cerita tentang game yang akan dibuat

 Concept → ilustrasi game yang dibuat dalam bentuk 3D

 Prototype → membuat model/objek

 Creating the game asset

 Game testing

 Bug fixing

 Final touch/marketing materials → memperhalus tampilan game

Kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat game adalah sebagai berikut:

 Concept artist

 Modeler → 3D artist yang bertanggung jawab untuk membuat model seperti karakter, vehicle, background

 Texture artist

 Animator

 Terkadang juga terdapat lighting artist, rigger, dll


Sedangkan Bapak Joko Hartanto dari Pemimpin Redaksi majalah Concept memberikan presentasi mengenai bagaimana desain yang baik itu. Materi ini diberikan sebagai bekal bagi para peserta seminar yang ingin mengikuti kompetisi PC modding yang diadakan oleh teknik elektro. Berikut adalah 10 filosofi desain yang baik menurut Dieter Rams seorang desainer kawakan:

 Good design is innovative
 Good design make a product useful
 Good design is aethestic

 Good design makes a product understandable

 Good design is honest

 Good design is unobstructive

 Good design is long lasting

 Good design is consequent to last detail

 Good design is concerned with the environment

 Good design is simplicity not of a design, as a little design as possible


Demikian rangkuman ini dibuat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. (Van’z).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar